Jumat, 31 Mei 2013

GGL TERINDUKSI

           Suatu gejala menakjubkan teramati bila medan magnetik didekatkan dengan kumparan kawat. Hal ini dapat diilustrasikan secara mudah dengan menggunakan peralatan yang diperlihatkan pada gambar. Sebuah kumparan kawat dihubungkan dengan sebuah galvanometer sehingga membentuk sebuah rangkaian lengkap.

         Karena tidak ada baterai dalam rangkaian, tentu galvanometer tidak mencatat adanya arus. Andaika magnet yang diperlihatkan dalam gambar digerakkan menuju kumparan , secara mengejutkan galvanometer mencatat suatu arus selama magnet dalam keadaan bergerak. Karena umumnya arus-arus itu disebabkan oleh baterai-baterai atau sumber-sumber ggl lainnya, maka disimpulkan bahwa gerakan magnet merupakan sebuah sumber ggl pada kumparan. Ggl ini disebut ggl terinduksi.





           Memperlihatkan apa yang terjadi dalam situasi lain, seperti yang dilihat bahwa arus mengalir hanya ketika magnet dalam keadaan bergerak. Rupanya, suatu efek seperti yang dihasilkan oleh sebuah baterai. , suatu ggl terinduksi terjadi  dalam kumparan setiap kali kekuatan medan magnetik didalam kumparan berubah. Ggl ada dan arus mengalir, hanya ketika perubahan sedang terjadi. Lebih lanjut, ggl terinduksi membalik polaritasnya bergantung pada apakah medan magnetik sedang bertambah atau berkurang.

1 komentar: